Kamis, 12 Maret 2009

kematian pahlawan ku


Booming film sekuel BATMAN BEGINS, THE DARK KNIGHT, bisa jadi memang karena kualitas film dan ceritanya yang pantas diacungi jempol. Atau karena 'diperbaikinya' image Batman menjadi lebih gelap dan pantas berhadapan dengan Joker, sang musuh sejati, yang juga ditampilkan menjadi lebih beringas.

Tapi ada satu hal juga yang menjadikan film ini sangat ditunggu-tunggu. Yaitu penampilan Heath Ledger yang berperan sebagai Joker. Kematiannya yang tragis seperti menjadi sebuah cambuk komersial untuk film garapan Christopher Nolan ini. Karena itulah promosi yang diluncurkan terasa lebih menonjolkan sosok penjahat super itu daripada sang superhero sendiri.

Dalam sebuah wawancara untuk koran New York Times November 2007, Ledger menyatakan bahwa perannya dalam THE DARK KNIGHT dan I'M NOT THERE membuatnya kehilangan kemampuan untuk tidur. Saat itu dia mengaku selalu membutuhkan dua buah pil Ambien untuk membuatnya bisa tidur. Namun kenyataannya, Ledger tetap akan terbangun sejam kemudian dengan pikiran yang masih bergejolak.

Pada Januari 2008, dikabarkan Ledger mengadu pada Christopher Plummer, lawan mainnya, bahwa dia terus saja sulit tidur dan membutuhkan banyak pil untuk membantunya tertidur.

22 Januari 2008 jam 14.45, Ledger ditemukan dalam keadaan tidak sadar di apartemennya. Petugas medis segera datang ke tempat itu namun Ledger akhirnya dinyatakan meninggal dunia pada pukul 15.36.

Setelah dilakukan otopsi menyeluruh, para dokter menyimpulkan penyebab kematian Ledger adalah karena terlalu banyak mengonsumsi obat resep dokter. Mantan tunangan Ledger, Williams, menyatakan bahwa sedari dulu Ledger memang menderita sulit tidur. "Dia punya terlalu banyak energi. Pikirannya selalu berputar, berputar, dan selalu berputar."

Kematian Ledger benar-benar mempengaruhi pemasaran film THE DARK KNIGHT dan juga produksi sekaligus pemasaran THE IMAGINARIUM OF DOCTOR PARNASSUS. Dalam film garapan Terry Gilliam ini, rencananya Ledger akan bermain sekaligus mencoba untuk menyutradarainya.

Untuk mengenang Ledger, keluarga Ledger sengaja didatangkan dari Australia untuk menghadiri premier film THE DARK KNIGHT. Dedikasi baginya juga ditulis dalam credit film yang dibintanginya bersama Christian Bale dan Maggie Gyllenhaal tersebut. Sejumlah aktor memberikan pernyataan berduka cita yang amat dalam atas kematian sang Joker tersebut. Daniel Day-Lewis bahkan mendedikasikan penghargaan Screen Actors Guild miliknya untuk Ledger.

Sampai saat ini, para pemain dan kru film THE DARK KNIGHT sendiri sangat menyayangkan kematian aktor dengan talenta hebat tersebut. Namun mereka menolak kematian Ledger disebabkan oleh pendalaman peran Joker yang terlalu diresapinya. Banyak analisis yang menyebutkan bahwa permainan Ledger sebagai Joker pantas dihargai dengan sebuah Piala Oscar.

Dikutip dari Kapanlagi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar