Selasa, 13 Januari 2009

naek angkot itu..

naek ngkot tuh kadang-kadang menemukan hal yang sangat, sangat menarik ya??
kayaknya harus sering-sering naek angkot dah.
tapi mahal dink ongkosnya juga.
pake mio kesayangan aja, yang udah nemenin 3 taon ah.
mau cerita pengalaman naek angkot dari rumah ke kampus trus balik lagi.

pertama kan naek angkot jurusan ciroyom-bumi asri.
berangkatnya ya dari bumi asri berarti.
ujannya gede banget!! dan saya lupa bawa payung, rasa-rasanya kan kalo pake motor gak pernah bawa payung dah.
eh di angkot ketemu temen TK, bayangkan saudara-saudara, TEMEN TK, yang anehnya masih bisa inget muka saya setelah 15 tahun gak ketemu. keren banget.
temen TK : charisma ya?
saya : bukan ah, salah orang kali
temen TK : iya ah charisma ini mah
saya : cuma mirip kali
temen TK : ah, massa sih? kok kayak charisma?
saya : ya udahlah kalo maksa
daaaank..
pokoknya ngobrol-ngorol dia bernama ucha, dan saya terus memutar otak, mencari muka yang bernama ucha di lemari data di otak saya yang memorinya hanya 64mb. dan ternyata GAK ADA. haduh.. dan dia terus cerita tentang kejadian-kejadian dahulu kala itu. ya ampun mana saya bisa inget coba. untung beberapa menit kemudian dia turun. ffiiuuh..


trus udah gitu, ada ibu ama anaknya naik angkot, ibu-ibunya (maaf yang sebesar-besarnya) mirip kayak bencong. anaknya cowok kira-kira umur 20 tahunan gitu. untuk menghindari salah satu penyakit hati, yaitu nguping. saya pake handsfree aja dengerin musik. tapi apa yang saya alami selanjutnya sungguh diluar perkiraan. ibu anak itu ngobrol, lebih tepatnya berteriak-teriak. mungkin agak janggal, soalnya diliat-liat si ibu ngomong sendiri sedangkan si anak dengan tenangnya ngeliat ke arah luar. si ibu-ibunya nyerocos aja. astagfirullah, ada apa ini. tanpa sengaja saya mendengar (bukan sengaja lho, saya sudah pake handsfree, tapi nggak mempan juga) kalau suami si ibu itu kayaknya selingkuh ama perempuan lain, dan si ibu sambil ketawa-ketawa ngerencanain bakal dikuburin dimana tuh suaminya nanti, si anak cuma bisa diem aja, gak tau malu, gak tau emang tuli dah. si ibu kadang nangis kadang ketawa. sampai akhirnya si anak bilang kiri ke sopirnya. diseret dah tuh ibunya. ya ampun parah banget!! gak tau harus gimana.

naek angkot dago. ketemu ama senior. anak jurnal juga, gak tau angkatan berapa, lupa, kalo gak salah 02/03/04 lah.. ngobrol-ngobrol banyak, tapi lupa lagi nama si tetehnya siapa, astrid gtuh? uni? lupa dah, maaf ya teh.. tapi masih hapal kok mukanya. ya.. ngobrol banyak lah.. tentang jurnal, skripsi, job training, dan sepertinya si teteh pacar redaktur saya waktu ospek ya? hhe.. goodluck teh.. cepetlah lulus teh, jangan kelamaan di kampus teh..

dah gitu kuliah tuh, nah pulangnya saya naek angkot lagi kan, naek caringin-sadang serang. ada nenek-nenek duduknya disebelah saya, tiba-tiba dia curhat gitu ma saya . " neng, abdi teh ti Leles Garut, bade ka Cimahi nengok kulawarga di ditu, blablabla, tapi, ieu ongkosna kirang 7 rebu, bade nambut, tiasa teu?" jjaahh. ajaib. haduuhh. jujur banget duit saya tinggal 5 ribu. dengan kata-kata yang telah saya rangkai dengan baik, akhirnya si nenek ngerti juga. btw sebelum dia turun, sendalnya ketendang sama saya sampe loncat. saya juga nggak sempet bilang maaf. pokoknya maaf ya nek.. maaf sebesar-besarnya. saya juga rada bingung, si nenek bener-bener lagi butuh, atau ini trik operasional minta-minta yang baru? gak tau deh..

akhirnya naik angkot terakhir, ciroyom bumi asri, macet ternyata sodara-sodara, abis keluaran pabrik. macetnya mpe 1 setengah jam di tempat yang sama. great.

pengalaman yang aneh. yang pasti baru sadar, naek angkot tuh lebih boros, lebih nyita waktu. cuma satu kelebihannya. bisa ketemu ama bermacam-macam orang. lebih banyak kejadian daripada kita naek kendaraan sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar